Ahmadsyah Harrofie Jadi Pj Sekdaprov Riau

Pekanbaru, LiraNews – Berakhirnya masa jabatan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Gubernur Riau Syamsuar bergerak cepat dengan menunjuk Ahmadsyah Harrofie sebagai Penjabat Sekdaprov untuk masa jabatan tiga bulan kedepan.

Pelantikan Ahmadsyah sendiri dilakukan Balai Serindit Gedung Daerah pada Rabu (14/08/2019) oleh Gubri Syamsuar. Pelantikan Ahmadsyah Harrofie sendiri berjalan khidmat.

Turut hadir dua orang mantan Gubernur Riau yaitu Wan Abu bakar dan Wan Thamrin Hasyim, mantan Sekdaprov Riau Zaini Ismail, ketua DPRD Riau Septina Primawati, unsur Forkompinda serta kepala kepala OPD di Pemprov Riau.

Surat pemberhentian Ahmad Hijazi yang menjabat selama 3 tahun sebagai Sekdaprov definitif sendiri sudah keluar pada Selasa (13/8/2019) yang diteken Presiden Joko Widodo. Hijazi sendiri kemungkinan akan berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di kementerian di Jakarta. Sedangkan untuk jabatan Sekdaprov definitif akan diisi melalui proses assessment yang segera akan dilakukan Pemprov Riau jelang tiga bulan kedepan.

Dalam pengarahannya Gubri Syamsuar berpesan bahwa jabatan Sekdaprov adalah tugas maha berat karena sekda merupakan perpanjangan tangan Gubernur dalamenjalankan roda pemerintahan serta administrasi daerah. Ia berharap Ahmadsyah Harrofie mampu melaksanakan tugas yang diembankan kepada dirinya untuk menjadi salah satu nahkoda di Bumi Lancang Kuning.

“Jabatan Sekdaprov ini cukup berat, tapi saya percaya Ahmadsyah mampu melaksanakan tugasnya yang berat ini nantinya. Ada beberapa catatan dalam pelaksanaan tugas Sekdaprov yang harus me jadi perhatian serius dan dilaksanakan secepatnya,” tukas Syamsuar.

Salah satu agenda terdekat yang harus diselesaikan adalah pembahasan RAPBD Perubahan yang saat ini tengah dilakukan di DPRD Riau untuk segera dilaksanakan dan disahkan termasuk pelaksanaan visi dan misi gubernur yang akan dituangkan dalam RAPBD.P tersebut.

“Agenda terdekat adalah finalisasi pembahasan dan pengesahan APBD.P yang sekarang dalam pembahasan bersama dengan Badan Anggaran DPRD Riau. Khusus kepada pak Ahmad Hijazi saya atas.nama pemerintah dan masyarakat provinsi Riau mengucapkan terima kasih atas pengabdian selama ini serta capaian-capaian yang diraih,” tambah Syamsuar.

Reporter: Afdal