Gelar Rapat Pleno Terbuka, KPU Riau Resmi Tetapkan Anggota DPRD Riau 2019-2024

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Pekanbaru, LiraNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau pada Sabtu (10/08/2019) siang menggelar rapat pleno terbuka di kantor KPU Riau Jalan Gajah Mada dengan agenda penetapan calon legislatif terpilih sebagai anggota DPRD Riau periode 2019-2024 sebanyak 65 orang yang berasal dari delapan daerah pemilihan se-provinsi Riau.

Rapat pleno terbuka tersebut dipimpin langsung ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir sekaligus sebagai tahapan akhir dari pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2019 yang berjalan marathon sejak tahun 2018 lalu.

Dengan ditetapkannya 65 nama sebagai anggota DPRD Riau lima tahun mendatang juga menandakan telah selesainya semua tahapan yang dilalui termasuk adanya gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebanyak delapan gelas gugatan yang berasal dari enam kabupaten dan kota se-Riau.

“Alhamdulillah semua tahapan pelaksanaan pemilu.legislatif dan pemilu presiden sudah kita lalui dan ini adalah tahapan terakhir dimana KPU Riau menetapkan secara resmi 65 nama calon legislatif sebelumnya resmi sebagai anggota DPRD Provinsi Riau periode 2019-2024,” ujar Ilham dihadapan peserta rapat pleno.

Disinggung juga bahwa dalam pelaksanaan setiap tahapan pemilu KPU Riau telah berhasil melewati dengan baik dan proses akhir adalah penetapan anggota DPRD Riau terpilih yang akan segera dilakukan pelantikan tanggal 06 bulan September mendatang. Maka dengan ditolaknya gugatan caleg oleh MK, semua KPU di daerah sudah dapat melakanakan rapat pleno terbuka penetapan anggota DPRD di daerah masing-masing.

“Selamat kepada anggota DPRD Riau terpilih dan kepada semua lapisan masyarakat yang telah berpartisipasi mensukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden di provinsi Riau yang berjalan dengan aman dan tertib,” pungkas Ilham.

Adapun komposisi anggota DPRD Riau hasil pileg 2019 masih dimenangkan Partai Golkar dengan Raihan 11 kursi, disusul PDI Perjuangan 10 kursi, Partai Demokrat 9 kursi, Partai Gerindra 8 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing 7 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4 kursi, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 2 kursi dan Partai Hanura 1 kursi.

Dari ke 65 anggota DPRD Riau terpilih 2019-2024 setidaknya sekitar 35 persen masih didominasi wajah lama seperti Septina Primawati, Yulisman, Sulastri, Sewitri, Karmila Sari, Teddy Ramos Sianturi (Partai Golkar).

Kemudian dari PDI Perjuangan ada wajah lama Makmun Solihin, Almainis dan Soniawati. Dari PAN ada nama Ade Hartati Rahmat, Syamsurizal, dr Sunaryo lantas ada Asri Auzar, Noviwaldi Jusman, Agus Triansyah, Eva Yuliana dan Eddy M Yatim (Partai Demokrat). Dari PKB nama Ade Agus Hartanto dan Sugianto kbali terpilih sedangkan dari PPP Muhammad Arfah dan Husaimi Hamidi serta Farida Sa’ad dari Nasdem.

Sedangkan pendatang baru diantaranya adalah mantan bupati Kuansing Sukarmis, Sari Antoni, Indra Eet Gunawan, Amyurlis Ucok, Parisman Ikhwan (Golkar). Lalu ada Robin Hutagalung, Zukri, Manahara Napitupulu (PDI Perjuangan), Agung Nugroho, Kelmi Amri (Demokrat), Muhammad Aulia, Nurzafari, Hardianto, Amran (Getindra), Zuhri, Komperensi (PAN), Syofyan Siroj, Arnita Sari, Rahmat Syarat, Ustad Suhadi (PKS), Yuyun Hidayat (PPP) serta Kasir (Hanura) dan beberapa nama baru lainnya.

Reporter: Afdal

Sat Aug 10 , 2019
Bangkalan, LiraNews : Dalam rangka memperingati malam Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah, Santriwan dan Santriwati Madrasah Diniyah dan TPQ Al Mukhlishin semarakkan lampion dan takbir keliling pada sabtu (10/8/2019) malam. Kegiatan lampion dan takbir keliling sudah menjadi kegiatan tahunan bagi Madrasah Diniyah dan TPQ yang terletak di Perum Bangkalan […]